Bergerak

Jika kamu tengah dikhawatirkan oleh masa masa yang akan kamu lalui nanti, merasa ingin mendalami kesukaanmu tapi takut pendapatan tak sesuai dengan kebutuhanmu di masa yang akan datang. Atau tengah penasaran hidup seperti apa yang akan dijalani 3-5 tahun kedepan, atau bahkan merasa teman baik satu persatu pergi berarti kamu sedang ada dalam fase quarter life crisis. Yaitu kondisi krisis diri yang menimpa seseorang karena mengalami tekanan dari lingkungan sekitar.


Fase ini adalah definisi dari kata sifat ‘wajar’ dan akan membiak di umur 20-25 tahun kiranya. Aku tidak banyak melakukan riset untuk mengetahui lebih dalam mengapa hal ini akan dirasakan oleh sebagian orang-orang di umur tersebut. Yang ingin aku bahas adalah, bagaimana cara kita menjalani fase ini. Sebelum kita berlanjut, ada syarat yang kiranya harus terpenuhi.


Yaitu, tanamkan rasa bersyukur terlebih dahulu di kepalamu.


Sudah? Kita lanjutkan lagi. 


Beberapa rasa yang sedang kamu alami sekarang muncul ketika rasa ingin tahumu membesar. Semua manusia pasti ingin tau apa yang akan ia jalani beberapa tahun kedepan. Tidak ada yang salah dalam masa ini, yang salah adalah ketika kamu tidak pandai mensyukuri apa yang sedang kamu jalani sekarang ini. Yang salah adalah kamu khawatir berlebihan dan menganggap hidupmu terlalu sulit dalam masa ini. 


‘khawatir’ adalah serupa kata sifat yang muncul pada diri yang kikir. Sombong karena lupa siapa yang menggerakan semesta. Tidak pandai melihat ke bawah dan lupa Dzat apa yang ada di atas. 


Kita semua tidak pernah tahu dan tidak diberikan kemampuan untuk tahu. Maka tugas kita adalah bergerak (berjalan dan bersyukur).


Masa depanmu, rezekimu, jodohmu bahkan waktu sering kamu bingungkan. Padahal Allah telah menjanjikan kepastian. 
Berjalanlah terus. Belajarlah terus. Bergeraklah terus. Pencipta telah mempersiapkan kenyataan yang sangat baik untukmu. Beberapa masa mungkin tak sesuai dengan keinginanmu, tapi tepat untuk kehidupanmu. Jangan khawatir, ini hanya dunia. Fana. 


Pada akhirnya, tidak ada satupun yang akan kamu miliki. Kamu hanya punya tugas untuk 'bergerak'








Tulisan ini teruntuk...
diriku sendiri.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer