Radio Kampus ITB Institut Teknologi Bandung
Unpar Radio Station (URS) Universitas Katolik Parahyangan
Swara Unisba Universitas Islam Bandung
Pasundan Radio Universitas Pasundan
eSKa Radio Universitas Pendidikan Indonesia
Inkom Radio Universitas Jendral Ahmad Yani
Eltras Radio Politeknik Bandung
8eh Institut Teknologi Bandung
K-Radio Politeknik Pos
T-Radio IT Telkom
Elite Radio Institut Teknologi Nasional
IM Radio Institut Manajemen Telkom
C Radio Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
B Radio Universitas Bina Darma
Ghoroh Radio Polteknik Negeri Sriwijaya
Swara Radio Institut Koperasi Indonesia
Jadi perbedaan antara radio komunitas dengan radio swasta, yaitu tata
cara pengelolaan dan tujuan pendiriannya. Pengelolaan radio dan tv
komunitas memperhatikan aspek keterlibatan warga atau komunitas. Tujuan
kegiatan penyiaran di radio dan tv komunitas melayani kebutuhan
informasi warganya sehingga keterlibatan mereka dalam merumuskan program
sangat penting. Hal berbeda terjadi di dunia radio dan tv swasta.
Lembaga ini berdiri untuk meraih pendengar sebanyak-banyaknya sehingga
aspek rating sangat diperhitungkan sebagai ukuran gengsi tv dan radio.
Hidup dan matinya tv dan radio swasta terletak pada pemasukan iklan
sehingga seluruh kreativitas diukur dari segmen pasar yang disasar.
Singkat kata, radio dan tv komunitas mengutamakan kepentingan dan
kebutuhan warga di wilayah tempat radio dan tv tersebut sementara
radio/tv swasta diarahkan kepada segmen pasar. Radio dan tv komunitas
menyajikan tema-tema yang dibutuhkan warga setempat, acapkali bahasa
yang digunakan oleh penyiar mengikuti dialek lokal dan kebiasaan
berbicara setempat. Hal berbeda banyak radio/tv swasta cenderung
mengikuti gaya bicara orang kota (Jakarta) supaya terlihat modern dan
gaul. Dilihat secara etimologis, maka lembaga penyiaran komersial merupakan
industri media yang memang didirikan untuk memenuhi kebutuhan atas
keuntungan ekonomi (komersialisasi). Karena memiliki tujuan komersial,
maka khalayak yang hendak dibidik untuk memperluas keuntungan usaha
adalah khalayak yang umum, bukan bersifat spesifik seperti lembaga
penyiaran komunitas. Landas-tumpu kegiatannya didasarkan keuntungan,
sehingga untuk menciptakan keuntungan tersebut, lembaga media komersial
harus menyesuaikan program acaranya dengan keinginan khalayak pasar
komersial.
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_penyiaran_komunitas#Idealisme_dan_tujuan
http://yayan-s-fisip.web.unair.ac.id/artikel_detail-70836-media-Hand%20Out%20Lembaga%20Penyiaran%20Komersial.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Radio_komunitas
http://digilib.uin-suka.ac.id/1792/1/BAB%20I,%20BAB%20IV,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
Komentar
Posting Komentar